Melampaui Nasib Dengan Menumbuhkan Potensi

(Studi Tentang Pengembangan Kopi Rakyat dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan di Kabupaten Bondowoso)

Penulis

  • Vivi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Izzah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v3i2.22

Kata Kunci:

Kopi Rakyat, Pemberdayaan, Kesejahteraan

Abstrak

Dataran Tinggi Ijen, Dataran Tinggi Raung Raung dan Dataran Tinggi Argopuro di Kabupaten Bondowoso memiliki potensi alam dan sosial budaya yang harus dikembangkan. keselarasan budaya dan alam dengan program pengembangan kopi rakyat merupakan modal utama yang menjadi pertimbangan dalam melaksanakan program kebijakan Pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah melaksanakan pengembangan kopi masyarakat berbasis pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengambil lokasi di dataran tinggi pegunungan Ijen Raung. Informan penelitian adalah petani kopi rakyat, buruh tani dan pegawai pemerintah yang terlibat dalam program pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan melalui pendidikan dan pelatihan, perbaikan sistem pemasaran, bantuan pembiayaan dan permodalan, pendampingan sarana dan prasarana pertanian, penguatan kelembagaan petani telah berhasil menciptakan pelaku usaha kopi yang mandiri, berkelanjutan dan sejahtera. Hal ini dinilai dari peningkatan pendapatan yang dipengaruhi oleh kepastian ekspor, kenaikan harga kopi dengan peningkatan kualitas sesuai SNI dan standar pasar internasional. Pembinaan dan pengawasan yang dilakukan dalam pengembangan kopi rakyat oleh Pemerintah Kabupaten telah mampu meningkatkan jumlah ekspor kopi dan nilai jualnya yang berdampak pada peningkatan taraf hidup petani kopi Bondowoso. Mengurangi pengangguran dan mengurangi kemiskinan pada tahun 2014. Pengembangan kopi rakyat juga mampu menyerap tenaga kerja di pedesaan lainnya, baik pekerja perempuan, laki-laki maupun pemuda yang tidak bersekolah.

Referensi

Abd syakur. 2018. Tata Kelola Wakaf untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Jember. Jember: Digital Repository Universitas Jember.

Aji Pranajaya. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi di Desa Sukorejo kabupaten Bondowoso. Malang: Universitas Muhammadiyah malang.

Albert and Hanhel. 2005. Traditional Welfare Theory. Jakarta: https://ejournal.uajy.ac.id.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiharjo, Sasongko dan Prasetyo. 2013. Jaringan Pemasaran Kopi Rakyat di Kabupaten Jember. Jember: Repository Universitas Jember-LRR PT Hibah Unggulan.

Diartho, HC, Pe. 2018. Pengembangan Wilayah Perdesaan Berbasis Pada Potensi Sumber Daya Alam di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomikawan. Vol . 18, No. 2.

Hendra Rofiullah, A., & Adi Suwarno, S. (2020). Kontribusi Baitul Mall Wa Tamwil terhadap Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Dan Mikro: StudiKasus Di Baitul Mall Wa Tamwil Nahdlatul Ulama Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Esa : Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 2(1),

Kriyantono. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. hal 150 Miftah, Arifin dan Ariyanto. 2018. Desa Penghasil Kopi Untuk MeningkatkanEkonomi Masyarakat di Desa Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara.

Jurnal ABDIMAS Unmer Malang. Vol. 3, No. 1 Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naufal Farras Syihab. 2020. Strategi Pengembangan Potensi Komoditas Kopi dalam Penguatan Pasar Produk Pertanian di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Nasikun. 1993. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Peraturan Bupati Kabupaten Bondowoso Tahun 2017 Nomor 25A

Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Tahun 2018 Nomor 2

Steven Dukheshire dan Jennifer Thurlow (2002) dalam Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Tahun 2009 Nomor 11

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Usman, Akbar. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuning Pintowati dan Bambang Widjanarko Otok. 2012. Permodelan Kemiskinan di Propinsi Jawa Timur dengan Pendekatan Multiavariate AdaptiveRegression Splines Ensamble. Publik Jurnal Sains dan Seni. Vol. 1, No. 1,

SUPRIYANTO. (2019). PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH: STUDI KASUS BAITUL MAAL WAT TAMWIL MASLAHAH CABANG SUKOWONO. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 1(1), 34–55. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/15

Yuswadi Hary. 2017. Metode Penelitian Sosial, Perbandingan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jember: UPT Penerbitan Universitas Jember Jawa Timur

Unduhan

Diterbitkan

02-08-2021

Cara Mengutip

Soviah, A., & Dienillah, I. (2021). Melampaui Nasib Dengan Menumbuhkan Potensi: (Studi Tentang Pengembangan Kopi Rakyat dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan di Kabupaten Bondowoso). ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 3(2), 15–34. https://doi.org/10.58293/esa.v3i2.22

Terbitan

Bagian

Artikel