PENGARUH KATALIS BAROKAH BANK JATIM SYARIAH DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP LITERASI KEUANGAN SANTRI ABU ZAIRI BONDOWOSO

Penulis

  • ULFANIANATUL HASANAH Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v6i1.94

Kata Kunci:

Katalis Barokah, TAM (Technology Acceptance Model)

Abstrak

Kemajuan teknologi industri saat ini sudah menggerakkan manusia ke paradigma digital. Industri perbankan yang mendominasi sektor keuangan sedang bertransisi ke model transaksi baru berbasis IT yang dikenal dengan fintech (financial technology) seperti layanan fintech Bank Jatim Syariah berupa aplikasi Katalis Barokah yang diluncurkan di Pondok Pesantren Salafiyah Abu Zairi Bondowoso.

Fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh Katalis Barokah terhadap literasi keuangan?. 2) Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan terhadap literasi keuangan?. 3) Bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap literasi keuangan?.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Katalis Barokah terhadap literasi keuangan. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap literasi keuangan. 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap literasi keuangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data primer dan menggunakan metode survey, penelitian purposive sampling. Peneliti mengumpulkan informasi dengan menggunakan, kuesioner, dan lain-lain dengan jumlah 125 responden. Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Proses pengelolaan data menggunakan SPSS.

Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa 1) Katalis barokah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t menunjukkan (H1) variabel katalis barokah berpengaruh signifikan terhadap lierasi keuangan. Maka Ha diterima karena t hitung (1,370) > t tabel (0.176), dan nilai signifikasi lebih kecil sebesar 0.000 < 0,05 dan Ho ditolak; 2) Persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t menunjukkan (H2) variabel persepsi kemanfaatan ditolak karna tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan karena nilai signifikasi 0.904 > 0,05, kriteria pengujian bisa diterima jika t hitung > t tabel (0.176), maka Ho tidak dapat ditolak karena sig. > 0,05 atau Ha ditolak; 3) Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t yang menunjukkan bahwa (H3) variabel persepsi kemudahan ditolak karna tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan karena nilai signifikasi 0.801 > 0,05, kriteria pengujian bisa diterima jika t hitung > t tabel (0.176), maka Ho tidak dapat ditolak karena sig. > 0,05 atau Ha ditolak.

Referensi

Dwi Priyatno. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tingkat Pemula dan Menengah.Yogyakarta: Gava Media.

HM, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Rohman, A. N., sugeng, Fitriana, D., & Aidy, W. R. (2021). Ekosistem Bisnis dan Regulasi Fintech Syariah Dalam Perspektif Keamanan Ekonomi. Jawa Tengah: CV.Pena Persada Redaksi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549

https://www.dqlab.id/catat!-4-perbedaan-data-sekunder-and-data-primer-dalam-analisis data#:~:text=Data%20primer%20adalah%20jenis%20data,karena%20disesuaikan%20oleh%20keb utuhan%20peneliti.

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549

Diterbitkan

28-02-2024

Cara Mengutip

HASANAH, U. (2024). PENGARUH KATALIS BAROKAH BANK JATIM SYARIAH DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP LITERASI KEUANGAN SANTRI ABU ZAIRI BONDOWOSO. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 6(1), 35–49. https://doi.org/10.58293/esa.v6i1.94

Terbitan

Bagian

Artikel