PERAN KEPEMIMPINAN KHARISMATIK DALAM UPAYA PENGHENTIAN PEMBALAKAN LIAR DI PEGUNUNGAN ARGOPURO

Authors

  • Didi Chairus Shadiq Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Noer Ma`ennah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

Keywords:

kharismatik, pembalakan liar, hutan

Abstract

Pembalakan liar merupakan salah satu penyebab kerusakan hutan. Kerusakan tersebut karena perilaku manusia yang hanya memikirkan faktor ekonomi tanpa memikirkan kelestarian alam. Penelitian ini memfokuskan pada peran KH Muzamil sebagai tokoh kharismatik dalam upaya penghentian pembalakan liar di pegunungan Argopuro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah peran KH Muzamil sebagai tokoh kharismatik dalam upaya menghentikan pembalakan liar di pegunungan Argopuro melalui beberapa strategi. Melakukan pendekatan di masyarakat sekitar hutan dengan memberikan penanaman nilai tentang pentingnya menjaga hutan. Selanjutnya KH Muzamil mempertemukan masyarakat sekitar hutan untuk bermitra dengan Perhutani. Namun dalam kemitraan tersebut beliau dijadikan jaminan oleh Perhutani bahwa masyarakat sekitar hutan tidak akan melakukan pembalakan liar di hutan. kemitraan yang terjalin antara Perhutani dan masyarakat sekitar hutan bahwa masyarakat sekitar hutan diperbolehkan menanam tanaman kopi di lahan milik Perhutani dengan kesepakatan tertentu.

Melalui kharisma yang dimiliki KH Muzamil mampu mempengaruhi masyarakat untuk mau berhenti melakukan pembalakan liar di hutan.  hal itu tidak lepas dari kepatuhan masyarakat sekitar hutan terhadap sosok KH Muzamil dengan kharisma yang dimilikinya. Peran KH Muzamil selanjutnya adalah mempertahankan kemitraan antara para petani kopi tersebut dengan Perhutani, karena ketika bencana banjir terjadi banyak pemberitaan mengenai pembalakan liar merupakan penyebab utamanya. Namun KH Muzamil mampu membuktikan melalui pengecekan bahwa penyebab banjir bandang bukan pada lahan milik Perhutani tetapi pada perkebunan PDP.

References

Abdulsyani.2012. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Haroen, Ahmad Musthofa. 2009. Khazanah Intelektual Pesantren. Jakarta : Maloho Jaya Abadi

Henslin, James M. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Membumi. Ed. 6 Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga

Ritzer,George dan J.Goodman, Douglas. 2010. DariTeori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Ritzer,George dan J.Goodman, Douglas. 2011. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi suatu Pengantar ,-Ed. Baru, Cet. 4. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Turmudi, Endang. 2004. Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. Yogyakarta : LKiS

Yasyin, Sulchan. 1995. Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya : AMANAH

Efendi, Fodi .2011. Peran Dan Investasi Politik Kyai Sebagai Vote Getter Dalam Pilkades 2008 Di Desa Tegalrejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Skripsi. Program Strata 1 (S1) : Universitas Jember

Published

2019-02-01

How to Cite

Chairus Shadiq, D., & Ma`ennah, N. (2019). PERAN KEPEMIMPINAN KHARISMATIK DALAM UPAYA PENGHENTIAN PEMBALAKAN LIAR DI PEGUNUNGAN ARGOPURO. ESA: Jurnal Kajian Keilmuan Ekonomi Syariah, 1(1), 56–74. Retrieved from https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/14

Issue

Section

Artikel