PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI TAMU HOTEL SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Penulis

  • Izzah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Didi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v2i2.20

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran 7P, Minat Beli, Religiusitas

Abstrak

Penelitian bertujuan menganalisis minat beli konsumen hotel syariah dari segi bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process dalam pengaruhnya terhadap minat beli tamu hotel Syariah di Jember dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling meliputi tamu hotel yang sedang atau pernah menginap, tamu yang beragama Islam dan tamu yang pernah menginap lebih dari satu kali. Jumlah sampel penelitian sebesar 58 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk pengujian H1-H7. Sedangkan untuk pengujian variabel moderasi menggunakan uji residual.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan produk, harga, tempat, dan promosi terhadap minat beli tamu hotel Syariah. Sedangkan proses berpengaruh negative dan signifikan terhadap minat beli tamu hotel Syariah. Selanjutnya sarana fisik dan orang tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli tamu hotel syariah. Sementara itu religiusitas memoderasi pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap minat beli tamu hotel Syariah

Referensi

Alam, Shah et al. 2011. Is Religiosity an Important Determinant on Moslem Consumer Behaviour In Malaysia. On Journal of Islamic Marketing. Vol. 2. No. 1.

Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Ancok, D. dan Suroso, F. N. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas ProblemproblemPsikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asraf. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. STIE Yappas Pasaman Barat. Jurnal Aplikasi Ekonomi Vol.2 No.1, pp. 61-72.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset

Calvindo, W. (2014). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada multikonsep restoran 1914 Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 227-241

Ferdinand. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi ke 4.

Hasibuan, Zainal A. 2007. “Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi.” Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (Universitas Indonesia).

Hendra Fure, (2013).Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional Bersehati Calaca, Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.

Irawan, Deny dan Japrianto Edwin, 2013. Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran por kee surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran, VOL. 1, No. 2, (2013)1-8. Universitas Kristen Petra

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2006). Marketing Management. 12th Edition. Prentice Hall: New Jersey.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran, jilid 1. edisi kesembilan. PT INDEKS kelompok GRAMEDIA. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, (terj), Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L. G. (2005). Comportamiento del consumidor. Pearson Educacion, Mexic

Sinaga, M.E, dan Sutrisna, E. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Penjualan Jasa Kamar Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru). Jurnal FISIP Vol 3 No 2. Desember 2016. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Riau. Riau

Suryana, Popo dan E. S. Dasuki. 2013. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang”. Trikonomika Vol. 12 No. 2 Hal. 190–200, Desember 2013.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston.

Haerullah. Analisis efisiensi perdagangan lombok di desa lombok. E-issn : 2746-0843, p-issn : 2745-8393 2019, 1, 20-33.

Unduhan

Diterbitkan

01-08-2020

Cara Mengutip

Dienillah, I., Chairus Shadiq, D., & Isnaini, D. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI TAMU HOTEL SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 2(2), 32–59. https://doi.org/10.58293/esa.v2i2.20

Terbitan

Bagian

Artikel