UTILISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM BATU BATA BAROKAH DI DESA SUMBERPAKEM KEC. SUMBERJAMBE TAHUN 2023

Penulis

  • Ahmad Muhyiddin Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Suparjo Adi Suwarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v6i1.93

Kata Kunci:

Media sosial, Promosi, Volume penjualan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan utilitas media sosial sebagai media promosi pada konsumen. Peran media sosial yang masif digunakan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan volume penjualan sehingga berdampak pada meingkatnya laba hasil penjualan.Desain penelitian menggunakan kualiatif pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokuemnetasi. Analisis data menggunakan interaktif Miles-Hubermann and Saldana. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitas media sosial sebagai media promosi yang efektif menghasilkan 1) media sosila sebaga Sarana Promosi yang Efektif dan Efisien pada konsumen sangat positif dan berdamapak positif pada volume penjualan. 2)  Interkasi secara langsung dengan pelanggan adalah salah satu utilitas media sosial yang berdampak pada vuleme penjulalan. Data menujukkan daalam 1 semester meningkat sekitar 10-15 % . 3) Utilitas media sosial juga mampu untuk memahami perilaku konsumen karena ini adalah kunci keberhasilan untuk meningkatkan volume penjualan pada produk UMKM

Referensi

COSMOTE. “Towards Digital Greece” (2011). https://www.cosmote.gr/cr2011/en/towards-digital-greece.html.

Destianah, Luky. “Capability in Utilizing Social Media as a Promotion Strategy for Increasing the UMKM Economy.” JCIC : Jurnal CIC Lembaga Riset dan Konsultan Sosial 3, no. 1 (2021): 17–26.

Febrisa, Tri Seira, Ahmad Soleh, and Nurzam Trisna. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dto Thaitea Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 11, no. 1 (2023): 415–422.

Fikri Suparnoto, Ridho, and dan Auditia Setiobudi. “The Effect of Instagram Social Media Promotion Towards Havermood’s Products Purchase Intention.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 5, no. 5 (2020).

Fine, Leslie M. Services Marketing. Business Horizons. Vol. 51, 2008.

Kaplan, Andreas M, and Michael Haenlein. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.” Business Horizons 53, no. 1 (2010): 59–68. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0007681309001232.

Kartika, Ika, Ade Elza Surachman, Oktisa Rahayu Tiara Nejal, and Elisabeth Mariono. “E-Commerce Dan Promosi Media Sosial Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian.” Jurnal GeoEkonomi 14, no. 2 (2023): 156–165.

Keller, Kevin Lane, and Philip Kotler. Marketing Management. Marketingmenedzsment, 2016.

Nurasmi, Altri Wahida, and Rian Mamming. “Peran Media Sosial Dan E-Commerce Bagi Umkm” 6, no. 1 (2023): 625–637.

Nurhikma, Tiara, Achmad Fauzi, Septiana Cahyaningrum Tarmono Putri, Damar Asmarani, Vina Damayanti, and Rahma Fitriani Thalitha. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online (Go-Jek) : Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3, no. 6 (2022): 646–656.

Nurlela. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Tiket Bioskop Online Melalui Aplikasi Tix.Id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan” 2, no. 2 (2017): 2588–2593.

Permatasari, Indah, and Nurul Fitri Ismayanti. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Daster Murah, Ketanon, Tulungagung” 2, no. 5 (2023): 605–616.

Putri, Helmi Yendra, Ari Pradhanawati, and Agus Hermani Daryanto Seno. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Pond’s (Studi Kasus Pada Toko Jun Kosmetik Di Kota Solok).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 11, no. 2 (2022): 359–369.

Ray, Made, Darma Yoga, I Made, Trisna Semara, and Retno Juwita Sari. “Peran Fotografi Dan Promosi Media Sosial Instagram The Role of Photography and Instagram Social Media Promotion Toward Tourist Visiting Interest.” Jurnal Pariwisata dan Bisnis) 02, no. 7 (2023): 1685–1701. https://doi.org/10.22334/paris.v2i7.

Suwarno, Suparjo Adi, Supriyanto, and Ahmad Hendra Rofiullah. MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Konsep Dan Aplikasinya Dalam Bisnis Syariah). Penerbit Adab, 2021.

Diterbitkan

28-02-2024

Cara Mengutip

Muhyiddin, A., & Adi Suwarno, S. (2024). UTILISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM BATU BATA BAROKAH DI DESA SUMBERPAKEM KEC. SUMBERJAMBE TAHUN 2023. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 6(1), 23–34. https://doi.org/10.58293/esa.v6i1.93

Terbitan

Bagian

Artikel