PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL SEVEN DREAM SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.58293/esa.v5i2.54Keywords:
kualitas pelayanan, positioning, Keputusan MenginapAbstract
This study aims to test and analyze the effect of service quality and positioning on overnight stay decisions at the Seven Dream Syariah Jember hotel. This study uses independent variables, namely service quality and positioning and the dependent variable is the decision to stay overnight. This research design is included in confirmatory research and explanatory research. Data were obtained through the distribution and collection of questionnaires and then analyzed using Multiple Linear Regression analysis. From the discussion and testing of the effect of service quality and positioning on the decision to stay at the Seven Dream Syariah Jember hotel, it turns out that service quality affects the decision to stay at the Seven Dream Syariah Jember hotel. Positioning affects the decision to stay at the Seven Dream Syariah Jember hotel.
References
Andriasan sudarso, Manajemen pemasaran jasa perhotelan , Yogyakarta : Depublish, 2016.
Didin Hafidhudin, Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press, 2003
EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi ,Semarang: Difa Publisher, 2008.
Fandi Tjiptono, Total Quality Service, Yogyakarta: Andi, 1997
Hurin dan Sofi, Pengaruh Diferensiasi dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung di Banyuwangi, Jurnal Mirai Management, Volume 8 Issue 2 (2023) Pages 325 – 333, 2023
Jusuf Soewadji, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta, : Mitra Wacana Media, 2012.
Kuat Ismanto, Manajemen Syari’ah Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, cet. 9, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.
Mudrajad Koncoro, Metode Riset untuk bisnis dan ekonomi, Erlangga, Jakarta,2003.
Neni Sri Imaniyati, Hukum Ekonomi Islam dan Ekonomi Islam, Bandung: Penerbit Mandar Maju, 2002. Nina Rahmawati, Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.
Nurul Zuriah, Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 2, Indeks, 2007. Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta, 2003.
Dienillah, I., & Raharto, E. (2022). ANALISIS PENGARUH PERILAKU PRODUSEN TERHADAP PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 4(1), 1–12. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/34
Salamatun Asakdiyah, Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan KepuasanPelanggan dalam Pembentukan Intensi Pembelian Konsumen Matahari Group di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal AkuntansiManajemen STIE YKPN Yogyakarta Volume XVI Nomor 2, Agustus 2005.
Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1993. Suud Fuadi, Ekonomi Syari’ah, Makalah, tt.
Suud Fuadi, Ekonomi Syari’ah, Makalah, tt.
Hendra Rofiullah, A., & Adi Suwarno, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK–PRODUK BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) NAHDATUL ULAMA KABUPATEN BONDOWOSO. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 4(1), 52–65. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/32.
Supriyanto. (2021). Pengaruh Besarnya Upah Minimum Provinsi Buruh Tani terhadap Produktifitas Kerja: (Studi Usaha Tani Bawang Merah di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Jember). ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 3(2), 48–61. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/25
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Muhyiddin, Yuliandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.