PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL SEVEN DREAM SYARIAH

Penulis

  • Muhyiddin Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Ni Kadek Yuliandari UNTAG Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v5i2.54

Kata Kunci:

service quality, potitioning, Decision to Stay

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan positioning terhadap keputusan menginap di hotel Seven Dream Syariah Jember. Studi ini menggunakan variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan positioning serta variabel terikat keputusan menginap. Rancangan penelitian ini termasuk dalam confirmatory research dan explanatory research. Data diperoleh melalui penyebaran dan pengumpulan kembali kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Dari pembahasan dan pengujian pengaruh kualitas pelayanan dan positioning terhadap keputusan menginap di hotel Seven Dream Syariah Jember ternyata kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menginap di hotel Seven Dream Syariah Jember. Positioning berpengaruh terhadap keputusan menginap di hotel Seven Dream Syariah Jember

Biografi Penulis

Muhyiddin, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

Referensi

Andriasan sudarso, Manajemen pemasaran jasa perhotelan , Yogyakarta : Depublish, 2016.

Didin Hafidhudin, Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press, 2003

EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi ,Semarang: Difa Publisher, 2008.

Fandi Tjiptono, Total Quality Service, Yogyakarta: Andi, 1997

Hurin dan Sofi, Pengaruh Diferensiasi dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung di Banyuwangi, Jurnal Mirai Management, Volume 8 Issue 2 (2023) Pages 325 – 333, 2023

Jusuf Soewadji, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta, : Mitra Wacana Media, 2012.

Kuat Ismanto, Manajemen Syari’ah Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, cet. 9, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.

Mudrajad Koncoro, Metode Riset untuk bisnis dan ekonomi, Erlangga, Jakarta,2003.

Neni Sri Imaniyati, Hukum Ekonomi Islam dan Ekonomi Islam, Bandung: Penerbit Mandar Maju, 2002. Nina Rahmawati, Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.

Nurul Zuriah, Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 2, Indeks, 2007. Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta, 2003.

Dienillah, I., & Raharto, E. (2022). ANALISIS PENGARUH PERILAKU PRODUSEN TERHADAP PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 4(1), 1–12. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/34

Salamatun Asakdiyah, Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan KepuasanPelanggan dalam Pembentukan Intensi Pembelian Konsumen Matahari Group di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal AkuntansiManajemen STIE YKPN Yogyakarta Volume XVI Nomor 2, Agustus 2005.

Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1993. Suud Fuadi, Ekonomi Syari’ah, Makalah, tt.

Suud Fuadi, Ekonomi Syari’ah, Makalah, tt.

Hendra Rofiullah, A., & Adi Suwarno, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK–PRODUK BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) NAHDATUL ULAMA KABUPATEN BONDOWOSO. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 4(1), 52–65. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/32.

Supriyanto. (2021). Pengaruh Besarnya Upah Minimum Provinsi Buruh Tani terhadap Produktifitas Kerja: (Studi Usaha Tani Bawang Merah di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Jember). ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 3(2), 48–61. Diambil dari https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/25

Diterbitkan

07-08-2023

Cara Mengutip

Muhyiddin, A., & Yuliandari, N. K. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL SEVEN DREAM SYARIAH. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.58293/esa.v5i2.54

Terbitan

Bagian

Artikel