ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK–PRODUK BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) NAHDATUL ULAMA KABUPATEN BONDOWOSO

Authors

  • Ahmad Hendra Rofiullah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso https://orcid.org/0000-0001-9563-8784
  • Suparjo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso

Keywords:

Kualitas Layanan, Minat Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya kualitas pelayanan(Service Quality)  dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk – produk BMT NU di kabupaten bondosowso. Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa kuliatas pelayanan berbasis TERRA ( Tengible, Empahty, Responsiveness, Realibility, Assurance) memiliki signifikasi positif terhadap BMT NU di Kabupten Bondowoso.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis apakah kualitas pelayanan sejalan dengan dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilakukan di BMT NU di Kabupten Bondowoso dengan mengambil sampel sebanyak 100 konsumen kemudian dilakukan uji kelayakan data menggunakan SPSS kemudian dilakukan pengujian regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa efek kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 35,80%. Sedangkan dimensi kualitas pelayanan yang dimiliki adalah tangible (30,25%) dan kehandalan (26,41%) pada pelanggan kepuasan. Jadi nyata memiliki dampak paling besar pada kepuasan pelanggan.

References

Adi Suwarno Suparjo, Supriyanto, Hendra Rofiulah, Ahmad. 2021. Manajemen Bisnis Syariah.Bandung: Penerbit Adab.

Abdul, Ruslan. 2013. Konsep Distribusi dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta

Asri, Warman. 1986. Marketing. Jakarta : Erlangga

Chaudhry, Sharif . 2012. Sistem Ekonomi Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Dharmesta, swasta, Basu dan T. hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen . Yogyakarta ; Liberty

Dwi sukadi, Hananda. 2012. Pemahaman Perilaku Konsumsi Islam Sumber Daya Insani Departemen Ekonomi Syariah Universitas Airlangga. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Engel, James F. 1995. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara

Enggel, Bkachwel dan miniard. 1994. Perilaku Konsumen Diterjemahkan oleh FX Budiyanto.1994.jilid 1. Jakarta : Binaputra Aksara

Evalina, Nela. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian kartu Perdana Telkomflexi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Hariyadi, Doni. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang .2002. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta

Jain, subhash. 2001. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta : Erlangga

Jeremo dan William. 1996. Dasar – Dasar Pemasaran, Jakarta : Erlangga

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2005 .Dasar – Dasar Pemasaran, Jakarta : Prenhanlindo

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium. Jakarta : Prenhallindo

Kusuma, Ryan. 2015. Analyze The Effect Of Trust, Price, Quality And Perceived Risk Toward Consumer Purchase Behavior In Online Shops Instagram. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.Vol.15 no 05

Laksana, Fajar, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Malholtra. 1996. Manajemen Pemasaran (Terjemahan Jilid I. Jakarta : PT Prehallindo

Thalib, Supriyadi, 2015. The Effect of Services Marketing Mix and Customer Value on Satisfaction, Trust, and Loyalty. International Journal of Advanced Research (2015), Volume 3, Issue 9, 935-949.

Tjiptono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset

Umar, Husein. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Winardi.1991. Marketing Dan Perilaku Konsumen. Bandung : Mandar Maju

Supriyanto, & Muhyidin, A. (2019). PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH: STUDI KASUS BAITUL MAAL WAT TAMWIL MASLAHAH CABANG SUKOWONO. ESA: Jurnal Kajian Keilmuan Ekonomi Syariah, 1(1), 34–55. Retrieved from https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/15

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Hendra Rofiullah, A., & Adi Suwarno, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK–PRODUK BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) NAHDATUL ULAMA KABUPATEN BONDOWOSO. ESA: Jurnal Kajian Keilmuan Ekonomi Syariah, 4(1), 52–65. Retrieved from https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/32

Issue

Section

Artikel