ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK–PRODUK BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) NAHDATUL ULAMA KABUPATEN BONDOWOSO
DOI:
https://doi.org/10.58293/esa.v4i1.32Keywords:
Kualitas Layanan, Minat NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya kualitas pelayanan(Service Quality) dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk – produk BMT NU di kabupaten bondosowso. Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa kuliatas pelayanan berbasis TERRA ( Tengible, Empahty, Responsiveness, Realibility, Assurance) memiliki signifikasi positif terhadap BMT NU di Kabupten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis apakah kualitas pelayanan sejalan dengan dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilakukan di BMT NU di Kabupten Bondowoso dengan mengambil sampel sebanyak 100 konsumen kemudian dilakukan uji kelayakan data menggunakan SPSS kemudian dilakukan pengujian regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa efek kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 35,80%. Sedangkan dimensi kualitas pelayanan yang dimiliki adalah tangible (30,25%) dan kehandalan (26,41%) pada pelanggan kepuasan. Jadi nyata memiliki dampak paling besar pada kepuasan pelanggan.
References
Adi Suwarno Suparjo, Supriyanto, Hendra Rofiulah, Ahmad. 2021. Manajemen Bisnis Syariah.Bandung: Penerbit Adab.
Abdul, Ruslan. 2013. Konsep Distribusi dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta
Asri, Warman. 1986. Marketing. Jakarta : Erlangga
Chaudhry, Sharif . 2012. Sistem Ekonomi Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Dharmesta, swasta, Basu dan T. hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen . Yogyakarta ; Liberty
Dwi sukadi, Hananda. 2012. Pemahaman Perilaku Konsumsi Islam Sumber Daya Insani Departemen Ekonomi Syariah Universitas Airlangga. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Engel, James F. 1995. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara
Enggel, Bkachwel dan miniard. 1994. Perilaku Konsumen Diterjemahkan oleh FX Budiyanto.1994.jilid 1. Jakarta : Binaputra Aksara
Evalina, Nela. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian kartu Perdana Telkomflexi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Hariyadi, Doni. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang .2002. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta
Jain, subhash. 2001. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta : Erlangga
Jeremo dan William. 1996. Dasar – Dasar Pemasaran, Jakarta : Erlangga
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2005 .Dasar – Dasar Pemasaran, Jakarta : Prenhanlindo
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium. Jakarta : Prenhallindo
Kusuma, Ryan. 2015. Analyze The Effect Of Trust, Price, Quality And Perceived Risk Toward Consumer Purchase Behavior In Online Shops Instagram. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.Vol.15 no 05
Laksana, Fajar, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Malholtra. 1996. Manajemen Pemasaran (Terjemahan Jilid I. Jakarta : PT Prehallindo
Thalib, Supriyadi, 2015. The Effect of Services Marketing Mix and Customer Value on Satisfaction, Trust, and Loyalty. International Journal of Advanced Research (2015), Volume 3, Issue 9, 935-949.
Tjiptono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Umar, Husein. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka
Winardi.1991. Marketing Dan Perilaku Konsumen. Bandung : Mandar Maju
Supriyanto, & Muhyidin, A. (2019). PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH: STUDI KASUS BAITUL MAAL WAT TAMWIL MASLAHAH CABANG SUKOWONO. ESA: Jurnal Kajian Keilmuan Ekonomi Syariah, 1(1), 34–55. Retrieved from https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/esa/article/view/15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Hendra Rofiullah, Suparjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.