PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DISPOSIBLE INCOME, DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BMT SURYA RAHARJA CABANG BUNGAH GRESIK

Authors

  • Hikmatuz Zahwa Universitas Qomaruddin Gresik
  • Fatihatus Sahliyah `Universitas Qomaruddin Gresik
  • Shaiful Umam Universitas Qomaruddin Gresik

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v6i2.106

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, disposable income, Tingkat Pengetahuan, Minat Menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, disposible income, dan tingkat pengetahuan terhadap minat menabung nasabah di BMT Surya Raharja Cabang Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden yang digunakan adalah nasabah BMT Surya Raharja Cabang Bungah dengan populasi 1.576, sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknk Probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi :  Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian secara simulta menunjukkkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, disposible income, dan tingkat pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah yang diperoleh hasil penelitian F hitung 56,296 > F tabel 2,70 dengan nilai sig 0,00 < 0,05. Hasil penelitian dalam Uji t menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan sigifikan terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 3,755 > dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien 0,319. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 3,375 > dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,250. Disposibel income tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 1,621 < dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,108 > 0,05 dan nialai koefisien sebesar 0,221. Tingkat pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah diperoleh hasil t hitung sebesar 1,201 < dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,233 > 0,05 dan niali koefisien sebesar 0,169.

References

Abdul Haris Romdhoni, Dita Ratnasari, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Vol 4(02), 2018.

Agus Tri dan Nano Parwoto, “Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Eko Yuliawan Jurnal, Wira Ekonomi Mikroskil “Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung” Volume 1, Nomor 01, April 2011.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keynes, J, M. (1936). The General Theory of Employment, Interest, and Money. London: Palgrave Macmillan.

Kotler, Manajemen Pemasaran, Jilid II, Edisi Kesebelas, Alih Bahasa Benyamin Molan, (Jakarta.: Indeks, 2005).

Mainsur et.al, “Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Aceh, Jurnal Magister Akuntansi Pasca Sarjana Unviversitas Syiah Kuala, ISSN 2302-0164, Volume 4, No. 2, (Mei 2015).

Sadono Sukirno, Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)

Sofyan S. Harahap, Wiroso dan Muhammad Yusuf, Akuntansi Perbankan Syariah, (Jakarta; LPFE Usakti, 2010).

Sofyan Assauri, Bank Syariah: Dari Teori Kepraktik, (Jakarta: Gema Insani, (2012).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Sugiyono, “Statistika Penelitian”, Bandung, (2015).

Suprihati, Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah, Jurnal Ekonomi Islam, (2021) Vol 7, No 1.

Sofilda uparmoko, Eleonora, Pengantar Ekonomi Makro Edisi 5, (Tanggerang: In Media, 2014)

Yuliana Siti Chofifah, “Peningkatan Minat Menabung di Bank Syariah Melalui Program Office Chaneling”, Jurnal of Finance and Islamic Banking, Vol.1 No. 1, 2018

Published

2024-08-30

How to Cite

Zahwa, H., Sahliyah, F., & Umam, S. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DISPOSIBLE INCOME, DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BMT SURYA RAHARJA CABANG BUNGAH GRESIK. ESA, 6(2), 19–32. https://doi.org/10.58293/esa.v6i2.106

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.