PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO RITEL

Penulis

  • Ahmadi Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki
  • Ahmad Muhyidin Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v4i2.78

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra toko, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Melihat dari fenomena bisnis di atas, maka peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian dengan judul: "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Citra Toko Eceran". Populasi dalam penelitian ini adalah para pedagang grosir yang menjadi konsumen toko Amin Jaya Jepara Kabupaten Jepara. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, analisis regresi, dan uji hipotesis melalui uji uji f dan uji t. Dari hasil analisis dengan menggunakan regresi linier dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan pelayanan dan citra toko berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen toko Amin Jaya. Analisis menggunakan uji t dapat diketahui kualitas pelayanan dan pelayanan dan citra toko berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 40,5% variabel kepuasan konsumen variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra toko. Sedangkan sisanya dijelaskan dijelaskan oleh variabel-variabel lain.

Referensi

Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2015.

Andreas, Caesar. ”Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.5, No. 5, Mei, 2016.

Arzena, Deby Meigy. “Pengaruh Kepuasan atas Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro Padang”, Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 2, 2013.

Asnawi, Nur, dan Masyhuri, Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Azizah, Hilyatul. “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”, Management Analysis Journal (2), 2012.

BMT UGT Sidogiri, “Sekilas Sejarah”, dalam https://www.bmtugtsidogiri.co.id/tentang-kami-6.html, diakses tanggal 10 April 2018.

Ciputra UCEO, “Kualitas Pelayanan: Dimensi dan Cara Mengukurnya”, dalam http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya, 1 April 2018.

Cokrohadisumarto, Widiyanto bin Mislan, dkk. BMT: Praktik dan Kasus. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan & Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press, 2008.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran jilid 1, ed-13. Jakarta: Erlangga, t.th.

Kurniawan, Robert, dan Budi Yuniarto. Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana, 2016.

Kurniawati, Kezia, dan Kartika Imasari Tjiptodjojo. “Peranan Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Manfaat Atribut Produk Simpati)”, Jurnal Manajemen, Vol. 14, NO. 2, Mei, 2015.

Lumempow, Natalia Ribka, dkk. “Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 3, September, 2015.

Mardalis, Ahmad. “Meraih Loyalitas Pelanggan”, BENEFIT, Vol. 9, No. 2, Desember, 2005.

Maswar,dkk. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi untuk Penelitian Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Dilengkapi dengan Penggunaan SPSS 23 dan Eviews 8.1. Surabaya: Pustaka Radja, 2017.

Merdian, Wili Andri. “Analisis Pengaruh Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Skripsi - USD, Yogyakarta, 2007.

Murti, Sally Garar. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Pasuruan)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 1, 2013.

Naisaburi (An), Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi. Shohih Muslim, juz 2. t.t: Darul Fikr, t.th.

Nawawi. Metode Penelitian Hukum Islam. Malang: Genius Media, 2014.

Rafidah. “Kualitas Pelayanan Islami pada Perbankan Syariah”, Dosen Ekonomi Islam,Vol.10, No.2, Desember, 2014.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-ART, 2008.

Shaefah, Milkhahtus. “Pengaruh Keakraban dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Produk Simpanan Idul Fitri (Studi Kasus di BMT Matra Pekalongan Tahun 2013-2015)”. Skripsi – STAIN Pekalongan, Pekalongan, 2016.

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.

Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2009. 33.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suherly. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Cirebon”. Skripsi - IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, 2013.

Supranto, J. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga, 2001.

Ubaidillah, U. (2021). Ijtihad Imam Asy-Syafi'i (Analisis Kritis terhadap Qaul Qadim dan Qaul Jadid). MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 10(1 May), 1-28.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran ed-4. Yogyakarta: Andi, 2015.

. Pemasaran Jasa. Malang :Bayumedia,2006.

Ubaidillah, U. (2023). Hilah dalam Jual Beli pada Sistem Al-Ijarah Al-Muntahiya Bit Tamlik Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus BMT UGT Nusantara Capem Pujer). MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 12(1), 17-42.

Ubaidillah, U. (2023). PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD BAI’ISTIGHLAL SEBAGAI SOLUSI PEREKONOMIAN KONTEMPORER. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Keluarga Islam, 4(1), 157-154.

Wijayanto, Kusuma. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank”, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 17, No. 1, Juni, 2015.

Wulandari, Nur, Mudiantono. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang)”, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 2, No.2, 2013.

Zainal, Veithzal Rival,

Unduhan

Diterbitkan

04-08-2022

Cara Mengutip

Ahmadi, & Muhyidin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO RITEL. ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH, 4(2), 24–32. https://doi.org/10.58293/esa.v4i2.78

Terbitan

Bagian

Artikel