PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM PADA JAIZAH BOUTIQUE TLOGOSARI SEMARANG

Authors

  • Muhammad Heru Hresnawanza Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki
  • Ahmad Hendra Rofiullah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58293/esa.v4i2.76

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis tidak dapat terelakkan. akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang mampu bersaing di pasaran. Bisnis merupakan salah satu pilar ekonomi dalam kehidupan ini. Fenomena saat ini yang menarik di kalangan hawa atau perempuan adalah busana muslim. Di Jaizah Boutique Tlogosari Semarang adalah salah satu butik busana muslim yang memperhatikan kesesuaian antara kualitas produk dan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas prodk dan harga terhadap minat beli konsumen muslim. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen muslim di Jaizah Boutique Tlogosari Semarang, namun sampel yang digunakan sebanyak 56 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas produk dan harga sebagai variabel bebas dan minat beli sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel bebas adalah2,525 untuk kualitas produk dan -368 untuk harga. Sedangkan nilai t tabel adalah 1,673 (t hiung> t tabel) artinya bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen muslim, sedangkan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen muslim. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,118 atau 12%, yang artinya pengaruh variabel independen (kualitas produk dan harga) terhadap variabel dependen (minat beli) sebesar 0,118, ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel-variabel independen adalah sebesar 12%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. 

References

Agama RI, Departemen. Al Qur’an dan Terjemahannya, Semarang:

PT. Toha Putra,1999.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta : Rineka cipta, 2010.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Arifin, Johan. Etika Bisnis Islami, Semarang: IAIN Press, 2008.

Azwar, Syaifudin. Metode Penelitian, Jakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Alfatris, Tika Dian. Jurnal Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Minat Beli TerhadapMinat Beli K-Pop (Korean Pop) Album dengan Sistem Pre Order Secara Online (Studi pada Online Shop Kordo Day Shop (CORP) Semarang.

Cahyono, Bambang Tri. Kasus-kasus Manajemen Umum, Jakarta:

IPWI, 1999.

Fauzi, Mochamad .Metode Penelitian Kuantitatif, Semarang:

Walisongo Press, 2009.

Frinces, Heflin. Be An Entrepreneur, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Gitosudarmo, Indriyo.Manajemen pemasaran, Yogyakarta: BPFE, 2014.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20, Semarang : Universitas Diponegoro, 2012.

Hasil wawancara dengan Ibu Ruzanna Amanina (pemilik Jaizah Boutique) pada tanggal 21 Juni 2015.

Hasan, Ali.Manajemen Bisnis Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

.......,Marketing & Kasus-kasus pilihan, Yogyakarta: CAPS, 2013.

Hendro. Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis, Jakarta: Erlangga, 2011.

Herdiansyah, Haris. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Empat, 2012.

Hasan, M. Iqbal. Pokok- pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Hanif, Nadiah Ulfa. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Hijab (Studi Kasus pada Toko Fidza Collection di Desa Mayangkawis Kec. Balen Bojonegoro, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2014

Ismanto, Kuat. Manajemen Syari’ah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ubaidillah, U. (2023). Hilah dalam Jual Beli pada Sistem Al-Ijarah Al-Muntahiya Bit Tamlik Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus BMT UGT Nusantara Capem Pujer). MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 12(1), 17-42.

Ubaidillah, U. (2023). PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD BAI’ISTIGHLAL SEBAGAI SOLUSI PEREKONOMIAN KONTEMPORER. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Keluarga Islam, 4(1), 157-154.

Johan, Suwinto. Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis, Yogyakarta:

Graha Ilmu, 2011.

Kotler dan Amstrong. Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta :Perhallindo, 2008.

……., Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Perhallindo, 2010.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Dasar-dasar Pemasaran Principles Of Marketing 7e, Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Ubaidillah, U. (2021). Ijtihad Imam Asy-Syafi'i (Analisis Kritis terhadap Qaul Qadim dan Qaul Jadid). MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 10(1 May), 1-28.

Published

2022-08-04

How to Cite

Heru Hresnawanza, M., & Hendra Rofiullah, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM PADA JAIZAH BOUTIQUE TLOGOSARI SEMARANG. ESA, 4(2), 48–56. https://doi.org/10.58293/esa.v4i2.76

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.